5 Hal Menarik dari Desa Wisata Pujon Kidul 

Kalau soal tempat wisata, Malang punya daftar panjang untuk ditawarkan, salah satunya adalah Pujon Kidul yang merupakan desa wisata. Rute ke Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon bisa ditempuh dari Kota Malang melalui Kota Batu selama kurang lebih 1,5 jam.

Desa Pujon Kidul yang lagi hits ini, bahkan mendapat apresiasi besar dari Pemerintah, lo. Alasannya, desa wisata tersebut mampu mensejahterakan ekonomi masyarakat setempat dengan memanfaatkan potensi pariwisatanya. Wah, hebat kan?

Apa Saja yang Menarik di Desa Wisata Pujon Kidul Malang? 

Kalau kamu tertarik ke sana, yuk ketahui dulu apa saja spot unggulan di Desa Pujon Kidul berikut ini:

  • Menunggang Kuda di The Roudh 78 

The Roudh merupakan salah satu spot populer di Pujon Kidul. Tempat makan ini, lokasinya ada di alam terbuka yang dekat dengan kolam ikan seluas sungai. Jadi, kamu bisa menyantap makanan sambil duduk di gazebo bambu yang ada di tepian kolam. Syahdu banget deh pokoknya!

Selain kuliner yang lezat, The Roudh 78 juga menyuguhkan spot foto yang keren abis. Misalnya, jembatan kayu yang melintang di atas kolam, pondok bambu, tepian kolam dan setiap sudut The Roudh yang didesain dengan suasana ala Texas.

Aktivitas seru lain yang wajib kamu coba yaitu menunggang kuda. Semua pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa boleh menjajal sensasi berjalan-jalan di atas kuda. Sekalian, kamu juga bisa tanya-tanya soal perawatan kuda ke pawangnya.

  • Menyusuri Area Perkebunan dan Persawahan 

Masih di area The Roudh 78, bukan cuma hewan yang bisa ditunggangi, tetapi kendaraan gahar seperti jeep juga ditawarkan. Kamu lagi gak diajak buat balapan, kok. Jeep tersebut disewakan untuk berkeliling sekitar perkebunan dan persawahan.

Dijamin seru banget main off-road di Desa Pujon Kidul. Sambil berolahraga, kamu sekaligus bisa mencuci mata dengan melihat pemandangan alam Pujon yang asri.

Jalurnya gak terlalu berat, kok. Kalaupun ada titik yang susah, pasti tetap bisa dilewati karena sudah ada pengemudi handal yang menjalankan jeep.

  • Menjelajah Cafe Sawah 

Bisa dibilang bahwa Cafe Sawah Desa wisata Pujon Kidul merupakan ikon Desa Wisata Pujon Kidul. Tempat makan sekaligus rekreasi tersebut dibangun di dekat area persawahan milik warga.

Warga Pujon Kidul memang dominan bertani, jadi wajar jika sawahnya luas. Maka dari itu, muncul ide untuk lebih memaksimalkan luas lahan menjadi area wisata yang punya kekhasan. Terbukti dengan adanya Cafe Sawah.

Saung-saungnya tidak ditata berdekatan melainkan dibatasi oleh sepetak sawah. Jadi, kalian bakal merasakan bersantap di tengah sawah yang beneran sawah.

Selain itu, tempat ini juga menawarkan panorama alam terbuka berupa hamparan sawah hijau, perbukitan dan Gunung Dorowati yang menjulang gagah. Cocok banget dijadikan latar foto yang jarang-jarang ditemui di daerah lain.

Tempat duduk untuk bersantai tersebar banyak. Kalau suka bunga, tersedia hamparan kebun bunga cantik yang siap dikunjungi. Tapi, jangan sampai memetik apalagi merusak bunganya, ya.

Bagi yang membawa anak-anak, ajak saja mereka ke playground. Bukan naik mobil-mobilan atau main mandi bola, kegiatan di playground Cafe Sawah lebih mengajak anak-anak untuk menyatu dengan alam. Contohnya, memberi makan ikan, mencari kodok dan menjelajah area sekitar.  

  • Menjajal Permainan Outbound

Hal menarik lain di Pujon Kidul adalah permainan outbound yang beragam. Pilihannya ada paintball, panahan, ATV dan off-road. Pilihan yang cocok kalau kamu menyukai kegiatan yang menantang.

Seperti spot wisata lain, outbound di Pujon Kidul juga dikelola oleh warga setempat. Jadi, desa wisata ini benar-benar melibatkan seluruh warga secara aktif. Semakin terkenal Pujon Kidul, maka semakin meningkat kesejahteraan ekonomi di desa tersebut.

  • Trekking ke Air Terjun Coban Sumber Pitu 

Kegiatan menantang lain bisa kamu lakukan dengan trekking ke Air Terjun Coban Sumber Pitu. Keindahan air terjunnya sudah terkenal di kalangan wisatawan yang pernah ke sana. Dijamin, setelah melihat, kamu bakal ketagihan untuk trekking lagi.

Jalur trekkingnya seru banget. Kamu harus melewati area persawahan, perkebunan dan perbukitan yang ditumbuhi pepohonan rindang. Kalau ingin lebih nyaman berjalan, pertimbangkan untuk membawa tongkat.

Sesampainya di lokasi, bakal tersaji pemandangan air terjun yang terdiri dari beberapa aliran air. Debit airnya sih gak terlalu besar, tapi hal yang menarik perhatian adalah aliran air yang melewati tumbuhan hijau yang bergerombol di permukaan lereng.

Pujon Kidul merupakan salah satu contoh desa wisata yang sukses meningkatkan perekonomian warga setempat. Potensi yang ada berupa lahan dan bentang alam yang indah dimanfaatkan dengan baik sehingga menjadi destinasi wisata favorit.