7 Tips Memilih Lemari Pakaian yang Tepat, Ruangan Lebih Nyaman

PAX lemari pakaian, putih/Hasvik putih, 200x66x236 cm | IKEA Indonesia

Lemari pakaian adalah salah satu perabot yang sangat penting di dalam rumah. Tidak hanya digunakan untuk menyimpan pakaian, lemari pakaian juga dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang lainnya seperti aksesoris dan handuk mandi yang tidak terpakai.

Oleh karena itu, pilihlah lemari pakaian yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lemari yang sesuai dengan Anda memudahkan Anda untuk menyimpan dan menata koleksi pakaian Anda.

 

Tips Memilih Lemari Pakaian yang Bagus

Jadi menurut Anda apa yang harus Anda perhatikan saat memilih dan membeli lemari pakaian? Berikut beberapa tips untuk Anda.

  1. Tentukan Ukuran Ruangan Anda Terlebih Dahulu

Karena ini adalah furnitur yang cukup besar, pastikan untuk mengukur ruang dan area yang akan ditempati oleh kabinet agar rumah Anda tidak terasa berantakan nantinya. Pilih lemari yang ukurannya proporsional dengan ruang yang akan ditempatinya.

Menentukan ukuran yang sesuai juga dapat membantu penjual memilih pakaian yang cocok untuk Anda.

 

  1. Sesuaikan dengan Kapasitas Pakaian Anda

Selain luas dan ukuran lemari pakaian, Anda juga perlu menghitung kapasitas lemari pakaian sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki pakaian untuk digantung, Anda mungkin memerlukan lemari pakaian dengan gantungan.

Atau jika Anda hanya memiliki t-shirt dan kemeja dan hanya memiliki sedikit ruang di antara keduanya di rumah, Anda mungkin memerlukan lemari tinggi dengan banyak laci atau rak.

 

  1. Pilih Material yang Tahan Lama

Agar lemari pakaian tahan lama, pilihlah lemari pakaian dengan bahan yang tepat. Kayu adalah bahan yang paling banyak dipilih.

Bahan ini benar-benar kuat dan tahan lama dan perawatannya juga cukup mudah., sayangnya lemari kayu biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal. Alternatifnya, Anda bisa memilih material berbahan dasar kayu seperti multipleks, plywood, teakblok ataupun Medium Density Fiberboard (MDF).

 

  1. Pilih Lemari yang Sesuai dengan Interior Ruangan Anda

Lemari pakaian adalah perabot yang cukup menarik perhatian, jadi Anda perlu memastikan bahwa lemari pakaian yang Anda pilih sesuai dengan dekorasi rumah. Misalnya, jika rumah Anda bergaya sederhana dan minimalis, jangan memilih lemari pakaian yang dengan desain vintage.

Intinya, pilihlah lemari pakaian yang melengkapi tampilan rumah Anda.

 

  1. Pilih Model Pintu Lemari yang Sesuai

Agak terkait dengan poin sebelumnya, desain atau model pintu menjadi faktor yang perlu diperhatikan saat memilih lemari pakaian. Misalnya jika ingin menghemat tempat, pilihlah lemari pakaian dengan model pintu geser.

Dan, jika ruang di rumah Anda cukup, tidak ada salahnya memilih lemari pakaian dengan pintu ayun biasa.

 

  1. Pilih Warna yang Senada dengan Ruangan Anda

Lemari pakaian akan lebih ideal jika dapat dipadukan dengan konsep ruangan dan menambah keindahan, jadi pilihlah warna yang tepat. Jika ruangan Anda didominasi oleh warna tertentu, sebaiknya hindari memilih lemari pakaian dengan warna yang sama dan senada.

Atau Anda bisa memilih warna netral seperti hitam, putih, abu-abu atau coklat, warna-warna netral ini akan lebih mudah dipadukan dengan warna lain.

 

  1. Sesuaikan dengan Anggaran Anda

Setelah mengetahui kebutuhan lemari pakaian Anda, pilihlah lemari dengan harga yang sesuai dengan anggaran Anda. Hindari mengorbankan anggaran atau kebutuhan Anda hanya karena Anda menemukan model lemari pakaian yang Anda sukai.

Kuncinya adalah meneliti dan mencari dengan cermat agar Anda dapat menemukan lemari pakaian yang tepat.