Cara Melakukan Follow-Up Kepada Lamaran Pekerjaan yang Kita Ajukan

3 Cara Follow Up Lamaran Kerja yang Tepat Beserta Tipsnya

Menunggu hasil pengumuman setelah kamu melamar pekerjaan adalah momen yang paling menegangkan. Jika tidak kunjung mendengar kabar, kamu bisa follow up dengan mengirimkan email kepada perekrut.

 

Dengan melakukan hal ini, kamu bisa menanyakan soal tahapan perekrutan yang sedang berlangsung dan memanfaatkan waktumu dalam menunggu agar dapat menjadi talent yang produktif. Pastikan juga kamu berterima kasih kepada perekrut melalui email ini agar kamu dapat memberikan kesan yang baik. Email ini dapat membantumu menentukan langkah selanjutnya yang harus dibuat.

 

Kamu dapat membuat email follow up lamaran kerja yang sopan dan profesional dengan mengikuti contoh berikut.

Formulir email tindak lanjut setelah mengirimkan aplikasi

Format 1: Dikirim 12 minggu setelah Anda melamar

 

Jika Anda belum menerima tanggapan sama sekali setelah mengirimkan aplikasi Anda, langkah yang benar adalah mengirim email tindak lanjut sesuai dengan. Biasanya posting pekerjaan akan menyertakan informasi  waktu posting. Tapi, jika Anda tidak menerima kabar tersebut, berinisiatif bertanya melalui email.

 

Anda dapat memeriksa apakah lamaran Anda telah diterima, mungkin majikan membutuhkan informasi lebih lanjut atau menanyakan rencana majikan untuk menentukan posisi yang Anda cari. Berikut adalah contoh cara menulis email:

Subjek email: Follow Up Lamaran Pekerjaan – [Posisi Lowongan]

Kepada [Bapak/Ibu nama perekrut]

 

Saya telah mengirimkan lamaran melalui JobStreet dua minggu yang lalu untuk posisi [Posisi Pekerjaan]. Saya ingin memastikan jika lamaran saya sudah diterima dan menanyakan kelanjutan alur proses seleksi posisi tersebut.

 

Saya sangat antusias untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan]. Besar harapan saya untuk dapat berkontribusi bagi perusahaan karena [jelaskan keahlian atau pengalaman kamu] untuk [menjelaskan bahwa kamu kandidat terbaik untuk posisi tersebut].

 

Jika Bapak/Ibu membutuhkan informasi tambahan seputar berkas lamaran yang sudah saya lampirkan, sila menghubungi nomor berikut ini [tuliskan nomormu]

 

Hormat saya,

 

[Nama Lengkapmu]

Contoh email tindak lanjut setelah wawancara kerja:

 

Format 2: Dikirim pada hari yang sama setelah wawancara kerja

Setelah Anda mempersiapkan  dan menyelesaikan tahap wawancara kerja dengan baik, ciptakan kesan Buat kesan yang baik pada pemberi kerja dengan mengirimkan singkat terima kasih email. Anda dapat mengirim email  pada hari yang sama setelah wawancara. Tapi, jika maintenance dilakukan pada malam hari, maka harus dikirim keesokan paginya.

 

Hindari menanyakan terlalu banyak detail  tentang hasil wawancara Anda di email ini. Cukup kirimkan email penghargaan Anda kepada perekrut secara singkat dan jelas. Anda juga dapat menegaskan kembali antusiasme Anda terhadap posisi tersebut.

Subjek email: Terima kasih, [Bapak/Ibu nama perekrut]

Kepada [Bapak/Ibu nama perekrut]

 

Terima kasih kepada [Bapak/Ibu] yang telah meluangkan waktunya dalam proses wawancara untuk [Posisi lowongan]. Sebuah kehormatan bagi saya untuk bisa bertemu langsung dengan [Bapak/Ibu].

 

Saya sangat tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai [Contoh pembahasan pada saat wawancara]. Karena itu, saya sangat menantikan kesempatan bagi saya untuk turut berkontribusi dalam upaya perkembangan [Nama perusahaan].

 

Setelah melalui proses wawancara dan mendengar pembahasan [Bapak/Ibu] mengenai posisi tersebut, saya yakin bahwa pengalaman saya sebagai [tuliskan contoh pengalaman yang dimiliki] dan pencapaian yang saya miliki [tuliskan contoh pencapaian yang dimiliki] akan mendukung kinerja saya dalam memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan sebagai [Posisi lowongan].

 

Saya sangat menantikan kabar lanjutan mengenai hasil wawancara tersebut. Terima kasih atas perhatiannya [Bapak/Ibu]

 

Hormat saya,

 

[Nama lengkapmu]

 

[Nomor teleponmu]