Mengapa Menggunakan Amoxicillin untuk Mengobati Sakit Gigi Daripada Antibiotik Lain?

Banyak orang menggunakan amoxicillin untuk pengobatan sakit gigi. Amoxicillin biasanya digunakan sebagai cara untuk mencegah atau mengobati infeksi saluran pernapasan, infeksi telinga, dan infeksi saluran kemih. Ini juga telah terbukti berguna dalam kasus-kasus di mana telah terjadi kerusakan pada gigi akibat infeksi yang perlu dikurangi atau dihilangkan.

Amoxicillin tidak hanya dapat membantu menghilangkan rasa sakit, tetapi juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan di sekitar jaringan yang terinfeksi di mulut Anda yang disebabkan oleh abses gigi. Ini akan mengurangi ketidaknyamanan yang Anda rasakan akibat sakit gigi dan memudahkan Anda untuk makan tanpa terlalu banyak kesulitan. Obat tersebut juga akan mengurangi produksi nanah yang mungkin keluar saat makan, minum minuman panas atau menggosok gigi.

Harga amoksisilin dapat bervariasi dari satu apotek ke apotek lainnya. Amoxicillin tidak selalu datang dengan harga yang sama, tetapi biasanya harga Amoxicillin untuk sakit gigi sekitar 3.400 rupiah sampai 6.000 rupiah per lembarnya (10 tablet). Obat ini bisa anda beli dengan menggunakan resep dokter.

Amoxicillin dapat membunuh bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi, serta dapat mengurangi jumlah mikroba yang memungkinkan mereka untuk menyebabkan kerusakan pada email dan pulpa di mulut Anda.

Anda perlu berbicara dengan dokter sebelum memulai pengobatan untuk sakit gigi dengan Amoxicillin karena tidak diketahui apakah obat tersebut akan berinteraksi dengan obat Anda yang lain, bahkan obat yang dijual bebas. Ini berpotensi menyebabkan lebih banyak kerusakan dalam beberapa kasus daripada yang akan membantu sehingga penting untuk berbicara dengan seorang profesional.

Juga, perlu diingat bahwa Amoxicillin mungkin tidak bekerja untuk semua orang yang meminumnya karena beberapa orang memiliki alergi terhadap obat dan dapat memperburuk kondisi lain sehingga Anda perlu mewaspadai kemungkinan ini. Ketahui juga bahwa Amoxicillin tidak membantu jika Anda hanya merasakan sakit karena tekanan yang disebabkan oleh infeksi di dalam mulut Anda.

Juga perlu diingat bahwa meskipun cenderung menyebabkan efek samping daripada banyak antibiotik lain, Amoxicillin masih membawa sejumlah kemungkinan reaksi. Beberapa di antaranya ringan seperti mual, muntah, diare dan gatal-gatal pada kulit tetapi yang lain bisa lebih serius jika Anda alergi terhadapnya. Ini bisa termasuk ruam, bibir atau lidah bengkak, dan kesulitan bernapas sehingga Anda juga perlu mewaspadai hal ini. Konsultasikan pada dokter Anda jika efek samping yang terjadi semakin memburuk.