Pembuatan Biopori Sebagai Penaggulangan Banjir

Ketika musim hujan, banjir mungkin akan menjadi salah satu problem yang sering menghampiri dikota-kota besar. Sebenarnya banjir bisa diatasi atau dicegah dengan baik sehingga bisa mengurangi dampak dengan berbagai upaya. Salah satu upaya yang cukup bagus adalah Pembuatan Biopori di lingkungan rumah. Biopori ini sendiri pada dasarnya bisa dibuat dengan mudah sehingga anda semua bisa membuatnya dengan baik.

Penyebab umum Banjir

Banjir bisa didefinisikan secara sederhana pada genangan air yang terdapat di suatu wilayah termasuk didalamnya adalah pemukiman warga. Adapun yang menjadikan banjir sebagai salah satu bencana yaitu banjir yang bisa membawa kerugian baik secara finansial, material, serta pada keadaan lingkungan. Bencana ini sendiri sering terjadi di suatu wilayah yang disebabkan oleh letak wilayah tersebut, kurangnya tempat untuk penyerapan air, atau juga pencemaran sungai yang mengakibatkan saluran tidak lancar. Oleh karena itu, nantinya akan membuat volume air sungai meningkat dan keluar kedataran dan menjadikan daerah tersebut banjir.

Apa fungsi Pembuatan Biopori?

Berkaitan dengan biopori, memang tidak bisa langsung diatasi. Meskipun risiko banjir di Indonesia terbilang tinggi, akan tetapi dengan pembuatan cara ini bisa mencegah banjir dengan baik. Biopori sendiri merupakan terowongan kecil yang sengaja digali di dalam tanah. Lubang ini umumnya memiliki kedalaman hingga 100 cm, diameter sekitar 10 cm dan dapat dibuat dirumah sendiri. Fungsi dari Pembuatan Biopori salah satunya adalah bisa membuang sampah organik seperti sayuran dan buah-buahan ke dalam lubang tersebut. Hal ini nantinya akan bisa mengubah sisa makanan tersebut menjadi pupuk kompos sehingga mengurangi sampah di TPA dan secara tidak langsung langsung mengurangi banjir.

Akan tetapi, pada dasarnya fungsi dari pembuatan lubang ini bukan hanya itu saja karena dalam pencegahan banjir pembuatan lubang ini juga bisa berguna untuk mengurangi genangan air pada tanah. Lubang biopori buatan akan memudahkan air hujan masuk kedalam tanah secara lebih cepat. Anda juga bisa membayangkan apa yang terjadi jika kebanyakan dari kita menciptakan lubang biopori wilayah rumah pribadi. Tentu banjir bisa dicegah dengan sangat baik.

Cara mudah Pembuatan Biopori

Untuk membuat biopori, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Hal yang pertama adalah dengan membasahi permukaan tanah terlebih dahulu agar lebih mudah digali. Setelah itu, buatlah lubang ditanah dengan menggunakan linggis atau alat penggali lainnya. Galilah sampai kedalaman 100 cm dan siapkan pipa tersebut kedalam lubang yang sudah dibuat. Jika ingin menyuburkan tanah, maka masukkan sisa-sisa makanan baik sayuran maupun buah ke dalam pipa tersebut untuk memicu ulat agar mengubah sisa-sisa makanan tersebut menjadi pupuk kompos.

Setelah itu, Pembuatan Biopori bisa diakhiri dengan menutup pipa tersebut dengan pentuup yang sudah dilubangi. Pada tahap ini, pastikan juga untuk menciptakan lubang yang cukup pada penutup agar air mudah masuk.

Pembuatan Biopori bisa dilakukan dengan cukup mudah dimulai dengan membasahi permukaan tanah dan lubangi tanah untuk mendapati lubang multi fungsi.