Pengertian Fintech Syariah Menurut OJK

Teknologi semakin bergeser pada arah kemajuan seiring dengan berjalannya waktu. Kehadiran teknologi saat ini bahkan tidak terlepas dari masyarakat demi mempermudah berbagai aktivitas tidak terkecuali perkembangan fintech syariah. Dalam berita fintech Indonesia dijelaskan tentang pengertian fintech syariah menurut OJK yang harus diketahui.

Pengertian Fintech Syariah

Berdasarkan Peraturan OJK Nomor 77/ PJOK. 01/ Th 2016, fintech syariah merupakan layanan pinjam meminjam dana dalam mata uang rupiah dengan langsung antara peminjam dan pemberi pinjaman berbasis teknologi informasi. Layanan fintech syariah ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan modal dengan prosedur yang mudah.

Fintech syariah membuat platform online dengan menawarkan fasilitas untuk pemilik dana dalam memberikan pinjaman langsung pada peminjam. Adapun peminjam dana dapat mengajukan kredit langsung pada pemilih dana menggunakan proses lebih cepat dan syarat yang lebih mudah dari pada fintech konvensional.

Cara Kerja Fintech Syariah

Setelah mengetahui pengertian fintech syariah menurut OJK, berikut ini cara kerja layanan keuangan ini untuk anda simak.

  • Registrasi keanggotaan. Peminjam dana melakukan registrasi online melalui perangkat ponsel atau komputer
  • Peminjam mengajuka peminjaman dana
  • Platform P2P lending akan menganalisa serta memilih peminjam yang layak untuk mengajukan peminjaman dan menetapkan tingkat resiko peminjam tersebut
  • Peminjam yang terpilih akan ditaruh oleh platform P2P lending syariah pada marketplace secara online serta informasi komprehensif mengenai resiko dan profil peminjam tersebut
  • Investor P2P lending syariah menganalisa dan menyeleksi peminjam yang tercantum pada marketplace P2P lending yang ada pada platform
  • Pemberi dana P2P lending melakukan pembiayaan pada peminjam yang terpilih lewat platform P2P lending
  • Peminjam mengembalikan pinjaman berdasarkan jadwal pengembalian yang sudah disepakati
  • Investor P2P lending mendapatkan dana pengembalian dari peminjam melalui platform.

Itulah pengertian fintech syariah menurut OJK dan juga cara kerjanya yang sederhana. Fintech syariah tergolong masih baru, akan tetapi mampu berkembang dengan sangat pesat. Pertumbuhan digitalisasi serta peningkatan penetrasi internet menjadikan layanan fintech menjamur di Indonesia. Bagi anda yang tertarik pastikan untuk memilih fintech yang terdaftar di OJK.