Sedikit Penjelasan Mengenai Green Screen

Saat ini, istilah green screen memang kerap dijadikan sebagai media utama dalam membuat sesuatu terutama film. Green screen sangat berperan penting dalam menciptakan suatu efek dan latar yang memukau bagi para penonton serta dapat membuat visual film yang lebih maksimal.

Bahkan hampir setiap genre film sering menggunakan media ini saat proses shooting. Berikut ini penjelasan mengenai apa itu green screen, fungsi hingga cara kerjanya.

Pengertian Green Screen

Green screen menurut Studio Binder yaitu alat screen yang dipakai sebagai latar dari sebuah shot. Warna latar yang digunakan saat melakukan shot juga berwarna hijau.

Teknik green screen (chroma key) merupakan teknik dalam menyatukan dua gambar berbeda menjadi satu kesatuan yang nantinya dibuat menggunakan kamera video. Dengan teknik ini, tentunya akan mempengaruhi gambar video di mana menjadi lebih bagus dan lebih luas dalam mengeksplorasi latar, terkhusus bagi scene yang tidak mungkin untuk diambil secara langsung dalam pembuatan film.

Film-film terkenal telah banyak memakai teknik green screen ini untuk mempercanggih tampilan filmnya. Misal, latar dari tempat asing yang tidak pernah terlihat, latar di tengah lautan yang sedang terombang-ambing, dan lain sebagainya.

Jadi, banyak para pembuat film biasanya hanya mengambil shot dalam sebuah ruangan yang berlatar hijau. Kemudian dari latar tersebut dapat menjadi sebuah tayangan film yang bisa membius bahkan memukau mata para penontonnya.

Alasan Mengapa Latar Harus Berwarna Hijau

Pertanyaan mengenai mengapa latarnya harus berwarna hijau memang sudah tidak asing lagi. Hal ini dikarenakan warna hijau adalah warna yang tidak menyerupai warna kulit sehingga mampu memudahkan editor film dalam menyunting video.

Selain itu, warna hijau juga bisa menghemat pencahayaan. Warna hijau ini lebih cendwrung mudah dalam hal penyinaran sehingga tidak perlu cahaya banyak seperti pada warna lainnya.

Dengan demikian, biaya produksi film juga akan menjadi jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan warna lainnya.

Fungsi Green Screen dalam Pembuatan Film

Tidak hanya efektif dalam penggunaannya, green screen juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting dan mendukung keberhasilan editing pada sebuah film atau video.  Adapun beberapa fungsi green screen dalam pembuatan film yang perlu diketahui sebagai berikut:

  • Pengganti background

Dengan menggunakan green screen dapat menjadi alternatif dari background aslinya yang sulit untuk di-shot. Apalagi membuat latar belakang yang bagus pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, green screen ada sebagai pengganti dari latar belakang yang tidak bisa diperoleh. Latar belakang yang berwarna hijau itu nantinya diedit kemudian diganti menggunakan latar lain yang sesuai dengan alur naskah ceritanya.

  • Mampu menciptakan tampilan visual yang memukau

Selain pengganti background, green screen juga dapat menampilkan tampilan visual yang jauh lebih memukau. Hal ini dikarenakan visual yang diharapkan tersebut disesuaikan dengan naskah cerita tanpa mengambil latarnya secara langsung.

  • Memudahkan dalam proses pengeditan

Karena warna hijau adalah warna yang mudah diedit, sehingga dapat memudahkan editor dalam mengedit film atau video dengan memisahkan objek utama dan latar. Selain itu, hasil suntingan juga menjadi jauh lebih bersih.

  • Menghemat biaya produksi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan green screen lebih menghematkan pengeluaran biaya produksi. Hal ini dikarenakan pembuatan film tidak menggunakan properti yang terlalu banyak.

Selain itu, pengambilan film yang ada di dalam studio juga akan meminimalisir biaya transportasi dan sewa lokasi untuk syuting.